Ternyata Inilah Beberapa Manfaat Buah Bit yang Jarang Diketahui

Buah bit  merupakan tanaman dari Amaranthaceae Chenopodiaceae atau berada dalam sayuran berakar dan sayuran lobak. Buah ini pada bagian akarnya terasa manis dan menjadi obat untuk kesehatan namun semakin lama kini dimanfaatkan daging buah hingga daunnya. Bit dikonsumsi pertama kali oleh penduduk Afrika ribuan tahun yang lama dan populer pada tahun sekian di Asia dan Eropa. Kandungan gula pada bit digunakan menjadi pemanis campuran pada makanan dan minuman lalu digunakan untuk menjadi campuran bahan dalam ekstraksi serta pemurnian gula dari tebu. Kandungan bit adalah fosfor, triptofan, caumarin, betasianin, serat, vitamin C, asam folat, magnesium, kaliumen dan zat besi.

Berikut adalah manfaat bit untuk kesehatan umum diantaranya:

  • Memiliki kandungan antioksidan pencegah stres oksidatif dan merusak sel pada tubuh dari berbagai penyakit kronis hingga kanker, dengan kandungan fitronutiren dapat melawan penyakit dan membantu tubuh jauh dari perkembangan kanker.
  • Bit dapat mendorong partikel berbahaya dan racun keluar melalui pori-pori, berperan dalam detoksifikasi sehingga membuang zat berbahaya dari darah, menjaga fungsi hati dan ginjal dengan baik.
  • Mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan kandungan nitratnya pada sayuran menurunkan resiko hipertensi, kandungan nitrat didalamnya juga akan membantu kesehatan jantung.
  • Meningkatkan stamin sebesar 16% lebih kuat dan mengurangi pembakaran oksigen ketika sedang berolahraga sehingga akan mengurangi rasa lelah dan memperkuat latihan dalam intensitas tinggi.
  • Dapat mencegah terjadinya amenia karena mengandung zat besi tinggi serta mampu meregenarasi sel darah dan mengaktifkan kembali lalu menyuplai oksigen untuk kesehatan sel darah merah.

Selain itu, bit untuk kesehatan akan membantu masalah pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar dan membantu melindungi kesehatan usus, menjauhkan tubuh dari tukak lambung dan wasir. Bit dapat menurunkan berat badan karena memiliki 59 kalori dengan 3,8 gram serat sehingga serat dapat bergerak lambat dan menahan rasa lapar sehingga tubuh akan jauh lebih kenyang. Kandungan betanin pada bit dijadikan sebagai pewarna alami dan pewarna rambut alami yang dicampur dengan akar bit dan menggunakan gradasi burgundy dan hitam yang lebih sehat.

Bit memiliki manfaat untuk ibu hamil sebagai penambah imun tubuh sehingga akan menjauh dari berbagai resiko infeksi penyakit dan memiliki antioksidan peningkat daya tahan tubuh selama hamil. Bit mencegah osteoporosis dan menjaga dekalsifikasi gigi dan tulang. Bit dapat menjaga tingkatakan metabolisme pada tubuh dan memastikan tekanan darah lebih stabil dan mencegah terjadinya anomali selama hamil dan melahirkan. Bit akan meredakan pembengkakan dan nyeri di persendian dan memurnikan darah sehingga tercegah dari infeksi virus.

Berikut adalah manfaat bit untuk anak diantaranya:

  • Dapat meningkatkan konsentrasi anak karena asupan oksigen menuju otak tercukupi.
  • Mencerdaskan otak sehingga mampu mengolah informasi dengan baik karena saraf ternutrisi dengan baik dan anak sehat tanpa terlihat hiperaktif.
  • Menjaga stamin anak dan tidak mudah mengalami lelah ketika aktif di rumah dan sekolah.
  • Mengatasi penyakit campak pada anak dan mengobati penyakit campak.

Buah bit memiliki manfaat untuk wajah sehingga membuat rona wajah lebih bersinar dan menambahkan blush natural. Bit membuat kulit lebih halus dengan cara melembabkannya dan dikonsumsi bersama dengan parutan bit dan tambahan yogurt dan susu lalu memijat lembut pada wajah. Bit dapat mencegah jerawat dengan jus buah lalu mengoleskannya pada wajah sebagai masker selama 15 menit kemudian dibilas menggunakan air bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *